Lampiran 5

 

KETENTUAN TENTANG TUGAS AKHIR (PKL)

PADA PROGRAM STUDI DIPLOMA 3

MANAJEMEN USAHA PETERNAKAN

 

 

5.1.  Pengertian

 

Tugas Akhir merupakan  serangkaian kegiatan wajib untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Diploma 3 Manajemen Usaha Peternakan pada Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Rangkaian ini terdiri dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), penulisan Laporan, dan ujian PKL sebagai ujian akhir program. Kegiatan PKL yang dilakukan adalah mengikuti seluruh kegiatan (partisipasi aktif) yang ada di tempat PKL. 

 

5.2.  Tujuan

      

Tugas Akhir (TA) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa memperoleh pengalaman kerja dalam rangka menambah wawasan dan ketrampilan serta menulis suatu karya ilmiah (laporan PKL) di bidang peternakan.

 

5.3.  Bobot Kredit

      

Tugas Akhir mempunyai bobot kredit 8 sks, yang terdiri dari 4  sks kegiatan di lapang selama 6 minggu dan 4 sks kegiatan penulisan laporan dan ujian akhir program.  Seluruh kegiatan TA harus diselesaikan selama-lamanya 2 (dua) semester.

 

5.4. Tempat/Objek Kegiatan

      

Kelayakan tempat/obyek kegiatan PKL ditentukan oleh Fakultas, dalam hal ini oleh pimpinan Laboratorium yang terkait sesuai dengan minat mahasiswa. Tempat/objek kegiatan PKL, adalah:

a.     Pabrik makanan ternak

b.     Perusahaan peternakan

c.     Perusahaan pembibitan ternak

d.     Koperasi yang berhubungan dengan usaha peternakan

e.     Kelompok Tani Ternak (KTT)

f.      Rumah Pemotongan Hewan (RPH)

g.     Perusahaan Pengolahan Hasil Ternak

h.     Obyek lain yang berhubungan dengan usaha peternakan.

 

5.5. Persyaratan

 

a.     PKL dapat dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah memperoleh sekurang-kurangnya 107 sks, dengan IP kumulatif lebih besar atau sama dengan  2,0; tanpa ada nilai E dan nilai minimal mata kuliah-mata kuliah dalam komponen MPK adalah C.

 

b.     Tugas Akhir dilaksanakan dengan urutan kegiatan sebagai berikut :

1)   Persetujuan dosen wali

2)   Penunjukan dosen pembimbing

3)   Pembuatan rencana (usulan) praktek kerja lapangan

4)   Pelaksanaan

5)   Laporan

6)   Ujian/perbaikan laporan

c.     Mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah Tugas Akhir dalam Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester berjalan.

d.     Penentuan obyek PKL dilakukan oleh Kepala Laboratorium dan Ketua PS D3 MUP,

e.     Pelaksanaan di lapang dan penulisan laporan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing.

f.      Kegiatan  PKL didokumentasikan dalam bentuk laporan PKL yang disusun berdasarkan Ketentuan Tugas Akhir dan Petunjuk Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan.  Laporan tersebut diserahkan kepada Panitia Ujian Akhir Program sebanyak 4 (empat) eksemplar.

 

5.6.  Pembimbing

      

Pembimbing Tugas Akhir ditunjuk oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik atas usulan Kepala Laboratorium. Dosen yang berhak menjadi Pembimbing Tugas Akhir memiliki kualifikasi serendah-rendahnya Asisten Ahli.

5.7.  Persiapan Praktek Kerja Lapangan

 

 Setelah menentukan  bidang  PKL  yang  diminati,   mahasiswa mengikuti prosedur pada diagram alur penunjukan Dosen Pembimbing, sebagai berikut :

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keterangan :

 

                Pemb Dekan I      = Pembantu Dekan Bidang Akademik

                Ka Jur                    = Ketua Jurusan

                Ka Progdi              = Ketua Program Studi

                Ka Lab                   = Ketua Laboratorium

                Cal Dosen Pmb   = Calon Dosen Pembimbing

                Dosen Pmb          = Dosen Pembimbing

 

 

 

 

Langkah 1

     Mahasiswa menghubungi Dosen Wali (DW) untuk mendapatkan data Akademik (Form TA 1) yang meliputi : jumlah sks yang telah ditempuh, IP Kumulatif dan mata kuliah terkait dengan topik Tugas Akhir.

 

Langkah 2

     Mahasiswa menghubungi Ketua Program/Sekretaris Bidang Akademik Program Studi  Diploma 3 Manajemen Usaha Peternakan untuk mendapatkan pengarahan tentang topik.

           

Langkah 3

     Mahasiswa menghubungi Ketua Jurusan untuk pengarahan lebih lanjut.

           

Langkah 4

     Mahasiswa menghubungi Ketua Laboratorium untuk pengarahan lebih lanjut mengenai topik dan Calon Dosen Pembimbing.

           

Langkah 5

     Mahasiswa menghubungi Calon Dosen Pembimbing sesuai pengarahan dari Ketua Laboratorium untuk mendapatkan persetujuan.

           

Langkah 6

Mahasiswa melaporkan hasil konsultasi kepada Ketua Laboratorium.

           

Langkah 7

     Mahasiswa melaporkan hasil konsultasi kepada Ketua Jurusan

           

Langkah 8

     Mahasiswa menyerahkan Form TA 1 dan Form Persiapan Penyusunan Tugas Akhir  yang telah dilegalisir Ketua Jurusan kepada Pembantu Dekan Bidang Akademik melalui Sub Bagian Pengajaran sebagai bahan untuk memproses penunjukan Pembimbing.

 

Langkah 9

     PD I menerbitkan Surat Penunjukan Pembimbing dengan tembusan kepada Ketua Jurusan/Ketua Program Studi/Dosen Wali.

 

 

 

Tugas Akhir dilakukan dengan rincian perencanaan waktu sebagai berikut :

Persiapan                                       =   2 minggu

Pelaksanaan (PKL)                         =   6 minggu

Penulisan laporan                           =   6 minggu

Ujian/evaluasi/perbaikan                  =   2 minggu

                                         Jumlah  = 16 minggu

 

Pelaksanaan PKL tidak diperbolehkan kurang dari 6 (enam) minggu. Kegiatan Tugas Akhir diselesaikan selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua)  semester.

 

5.8.  Ujian dan Penilaian

 

Syarat diterimanya Laporan PKL untuk Mengikuti Ujian Akhir Program:

a.     Laporan PKL disusun dalam bentuk draft Laporan PKL sebanyak 4 (empat) eksemplar.

b.     Laporan PKL telah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing.

c.     Laporan PKL diserahkan dengan Buku Catatan Kegiatan PKL, selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum waktu pelaksanaan ujian.

 

5.9.  Syarat Ujian Akhir Program

 

a.     Laporan PKL telah memenuhi syarat-syarat di atas.

b.     Mahasiswa terdaftar pada semeseter yang bersangkutan dan telah menyelesaikan semua kewajiban administrasi yang telah ditentukan.

c.     Peserta Ujian Akhir Program mempersiapkan bahan/materi untuk mempresentasikan hasil PKL-nya sebelum Ujian.

 

5.10.  Ujian Akhir Program

 

a.     Pelaksanaan ujian Akhir Program dikoordinir oleh Sekretaris Bidang Akademik dan diselenggarakan oleh Panitia Ujian Akhir Program.

b.     Penguji Akhir Program sebanyak 3 (tiga) orang, terdiri dari seorang Pembimbing sebagai Ketua Penguji dan  dua orang Dosen Penguji sebagai Penguji Anggota dan difasilitasi oleh seorang Panitia Ujian.

c.     Penunjukkan Tim Penguji Akhir Program ditentukan oleh Pembantu Dekan Bidang Akademis, dengan kualifikasi tim penguji serendah-rendahnya  Asisten Ahli.

d.     Ujian berlangsung selama kurang lebih 90 menit dengan evaluasi meliputi aspek :

(1)    Penulisan                                                        : 40%

(2)    Penampilan dan cara penyampaian materi          : 10%

(3)    Penguasaan materi dan kegiatan di lapangan      : 50%

e.     Nilai akhir merupakan nilai pada saat ujian dengan proporsi : 60% dosen pembimbing dan 40% dosen penguji, dan dengan mempertimbangkan penilaian dari tempat PKL.

f.      Penilaian dilakukan dengan kisaran nilai antara 0 (nol) sampai 4 (empat). Padanan huruf dan keterangannya adalah sebagai berikut :

 

A  ≥ 80,00  (Sangat baik)

B  = 70,00-79,99  (Baik)

C  = 60,00-69,99  (Sedang)

D  = 50,00-59,99  (Kurang)

E  < 50,00  (Gagal)

 

g.     Panitia Ujian melaporkan hasil ujian Akhir Program kepada Pembantu Dekan Bidang Akademik selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sebelum yudisium (tembusan kepada Ketua Program/Sekretaris Bidang Akademik Program Studi Diploma 3 Manajemen Usaha Peternakan), setelah mahasiswa menyerahkan perbaikan laporan PKL.

 

5.11.  Syarat diterimanya Laporan PKL sebagai Syarat Kelulusan

 

a.     Laporan PKL yang mendapat saran perbaikan dari Dosen Penguji harus sudah diperbaiki.

b.     Laporan PKL mendapat pengesahan dari penguji, serta pembimbing.

c.     Laporan PKL dijilid dengan cover tebal (“hard cover”) tanpa pita perekat (jilid langsung) sebanyak 5 eksemplar  (2 eksemplar diserahkan ke PS D3 MUP, 1 eksemplar ke Dosen Pembimbing, 1 eksemplar ke Lokasi PKL, dan 1 eksemplar untuk mahasiswa).