Rivets
Syllabus
 
 

  

SILABI MATA KULIAH

JURUSAN PRODUKSI TERNAK

 

PROGRAM STUDI PRODUKSI TERNAK

 

1. MATA KULIAH UMUM (MKU)

 

AGAMA : UNG 105 / (2-0) 2 SKS

  1. Pendidikan Agama Islam
  2. Pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang aspek yang berhubungan dengan keadaan makhluk, pelaksanaan ajaran Islam, peningkatan keimanan terhadap Khaliq, kerasulan dan melaksanakan syariat Islam.

  3. Pendidikan Agama Kristen Protestan
  4. Pemahaman dan penghayatan keberadaan diri umat beriman, sebagai orang yang percaya kepada Allah. Mampu menyatakan iman dalam kehidupan sehari-hari, dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia, alam semesta dan bangsa negara.

  5. Pendidikan Agama Katholik
  6. Pengetahuan tentang manusia yang beriman kepada Allah melalui Kristus di dalam gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap dan mentalitas hidup pribadi seseorang.

  7. Pendidikan Agama Hindu
  8. Penghayatan keagamaan yang mantap kepada Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan yang Mahaesa, sehingga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara, berbuat dalam pengabdian pada nusa, bangsa dan negara.

  9. Pendidikan Agama Budha

Pemahaman tentang agama Budha dan pengamalannya dalam masyarakat beragama, dharma dan kebaktian untuk Iman (sadha) dalam menjaga kelangsungan hidup agama, bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

 

BAHASA INDONESIA : SBI 111 / (2-0) 2 SKS

Pemahaman pengetahuan dasar menulis: ejaan dan tanda baca, penalaran dalam karangan, pilihan kata dan definisi, kalimat efektif, pengembangan paragraf serta perencanaan karangan.

 

PENDIDIKAN KEWIRAAN : UNG 360 / (2-0) 2 SKS

Pemahaman masalah Pertahanan Keamanan Nasional (Hamkamnas) secara komprehensif integral yang meliputi: Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Hankamnas serta sistem Hankam Rakyat Semesta.

 

PENDIDIKAN PANCASILA : UNG 151 / (2-0) 2 SKS

Pemahaman dan penghayatan Pancasila: Hakekat dan Filsafat Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945 dan Garis-garis Besar Halauan Negara (GBHN). Pendalaman Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) serta pembahasan masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan dan penerapan nilai-nilai Pancasila.

 

ILMU SOSIAL DASAR : UNG 226 / (2-0) 2 SKS

Pemahaman tentang aspek-aspek kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan interrelasinya satu sama lain dan dengan lingkungan. Pengertian tentang sosiologi pedesaan dan kegunaannya dalam pembangunan pedesaan, struktur sosial masyarakat desa, orientasi nilai dan proses perubahan sosial, pemerintahan dan perekonomian desa. Pengetahuan dasar dan umum mengenai konsep-konsep untuk mengkaji masalah budaya. Wawasan pemikiran berkenaan dengan kebudayaan, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa.

 

OLAH RAGA : UNG 116 / 0 SKS

 

 

2. MATA KULIAH DASAR KEAHLIAN (MKDK)

 

BAHASA INGGRIS : SBE 121 / (3-0) 3 SKS

Penggunaan bahasa Inggris disesuaikan dengan taraf intermediate dan preadvanced. Penggunaan ditekankan pada kemampuan memahami bacaan ilmiah dan penambahan perbendaharaan kata serta ungkapan dalam membahas bahasa inggris sebanyak 4000 5000 kata. Struktur kalimat (tata bahasa) diberikan sesuai bacaan ilmiahnya.

 

BIOLOGI : PTF 103P / (3-1) 4 SKS

Arti kehidupan: biologi sebagai ilmu, ciri-ciri kehidupan. Organisasi kehidupan: bahan kimia, molekul dan sel. Kehidupan dan sel: metabolisme, pelepasan energi, fotosintesis dan pembelahan sel. Genetika: percobaan Mendel, gen pada kromosom, kodrat kimia gen, organisasi informasi genetik, regulasi dan ekspresi gen. Reproduksi dan perkembangan pada tumbuhan dan hewan. Regulasi lingkungan bagian: dalam gizi dan pencernaan, pertukaran gas dalam tumbuhan dan hewan, transport materi dalam tumbuhan berpembuluh, sistem sirkulatori hewan, sistem immun, ekskresi dan homeostatis. Respon dan koordinasi otot. Tingkah laku. Evolusi: bukti mekanisme, asal kehidupan, klasifikasi kehidupan. Ekologi: biologi populasi dan lingkungannya. Biosfer: aliran energi, siklus bahan. Pertumbuhan populasi, interaksi antar spesies. Ekologi manusia: penyakit dan kompetisi terhadap makanan.

 

DASAR-DASAR MANAJEMEN : PTE 102P / (2-1) 3 SKS

Pengetian dan definisi manajmen, perkembangan ilmu manajemen, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, PERT-CPM, pengembangan organisasi dan analisis praktek manajemen di Indonesia dan di negara-negara maju.

 

FISIKA DASAR : PTF 101P / (3-1) 4 SKS

Satuan dasar dan vektor. Persamaan-persamaan gerak. Hukum Newton (I, II, II), kinerja energi, daya, momentum, dan impuls. Gerakan sentripetal/sentrifugal dan besaran-besaran putaran. Gerak saluran dan elastisitas. Persamaan-persamaan gas. Mekanika fluida, statistika, dinamika. Kalorimetri, pemuaian, panas laten, pindah gas. Hukum termodinamika. Elektrostatistika, kuat medan, potensial dan kapasitor hambatan serta hukum Ohm. Rangkaian listrik, panas dan daya, arus bolak-balik, harga RMS. Intensitas, teori Foton, interferensi, dan difraksi. Kinetika dan dinamika partikel, momentum linier, konsep pusat massa, konsep gerak rotasi, benda tegar, momen inersia, momentum sudut dan momen gaya. Konsen entropi.

 

KIMIA DASAR : PTF 102 P / (3-1) 4 SKS

Penjelasan mengenai bahan, senyawa, unsur dan cara-cara pengukuran dengan menggunakan angka signifikan, teori atom dan proses penemuannya. Perhitungan kimia dengan stokiometri dari zat-zat berbentuk larutan. Hukum-hukum gas ideal, gas nyata dan perhitungannya. Elektron dalam atom. Dasar-dasar ikatan kimia. Keseimbangan kimia, keseimbangan homogen dan heterogen. Konsep asam dan basa, perhitungan pH, elektrolit, dan campuran penahan. Reaksi termokimia dan termodinamika. Pengukuran laju dan proses-proses kinetika reaksi, aspek-aspek kimia inti dan reaksi oksidasi-reduksi. Reaksi dan reaktivitas senyawa organik, pengenalan kimia hayati dan aspek kimia lingkungan.

 

MATEMATIKA : PTF 104 / (3-0) 3 SKS

Mengantar mahasiswa agar memahami konsep-konsep dan penerapannya yang meliputi: Teori Himpunan, Relasi dan Fungsi, Fungsi Linier, Fungsi Kuadrat, Fungsi Pangkat dan Logaritma, Penerapan Fungsi, Limit, Hitung Diferensial, Penerapan Turunan pada Ilmu Peternakan, Hitung deferensial Lanjutan, Hitung Integral, Matriks dan Determinan serta Program Linier.

 

METODE ILMIAH : PTF 106 / (2-0) 2 SKS

Membahas ciri tulisan ilmiah: keobyektifan, kebenaran serta falacy. Penalaran: deduksi, induksi, analogi, interpretasi, ekstrapolasi. Percobaan (eksperimental). Observasi. Perumusan masalah. Koleksi data. Argumentasi dan jalan pikiran.

 

PENGANTAR ILMU EKONOMI : PTE 101P / (2-1) 3 SKS

Pengertian dan definisi ilmu ekonomi, ruang lingkup ilmu ekonomi, permasalahan ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, pembahasan ilmu ekonomi mikro (permintaan, penawaran, harga, konsep elastisitas, pasar), pembahasan ilmu ekonomi makro (pendapatan nasional, pasar barang, pasar uang, pasar faktor produksi, kebijaksanaan fiskal, kebijaksanaan moneter).

 

STATISTIKA : PTF 205P / (2-1) 3 SKS

Mengantar mahasiswa agar mengetahui dan mampu menggunakan pendekatan statistika dalam menganalisis hasil-hasil percobaan/survei, dengan pembahasan yang meliputi distribusi frekuensi empiris dan pengukuran deskriptip, teori probabilitas, populasi dan sampel, distribusi teoritis, distribusi sampling, teori pendugaan, pengujian hipotesis, distribusi kai-kuadrat, regresi dan korelasi.

 

 

3. MATA KULIAH KEAHLIAN (MKK)

3.1. MATA KULIAH KEAHLIAN UMUM (MKKU)

 

DASAR FISIOLOGI TERNAK : PTP 201P / (2-1) 3 SKS

Membahas fisiologi sel, nutrisi dan fisiologi digesti, fisiologi cairan dan darah, metabolisme produk energi dan biosintesis, fisiologi syaraf, fisiologi reproduksi, fisiologi hormon, fisiologi laktasi.

 

DASAR PEMULIAAN TERNAK : PTP 202/ (2-0) 2 SKS

Bahasan mengenai sel, kromosom, gen, sifat kualitatif dan sifat kuantitatif, heritabilitas, repeatabilitas, korelasi genetik, sistem perkawinan dan tujuan umum tentang seleksi.

 

DASAR REPRODUKSI TERNAK : PTP 303P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari mengenai organ reproduksi tenak, hipothalamus dan hipofisa, siklus berahi, gametogenesis, perjalanan gamet dan daya kesuburannya.

 

DASAR TERNAK PERAH : PTP 305P / (2-1) 3 SKS

Membahas peranan dan pentingnya ternak perah sebagai produsen susu: komponen dan nilai gizi susu sebagai bahan makanan bagi manusia: bangsa-bangsa ternak perah antara lain sapi, kambing, domba dan kerbau perah; anatomi dan fisiologi alat pencernaan dan kelenjar susu ruminansia sejak lahir sampai masa laktasi, biosintesis susu, serta perkandangan dan peralatan ternak perah.

 

DASAR TERNAK POTONG DAN KERJA : PTP 306P / (2-1) 3 SKS

Memberikan ilmu tentang prinsip-prinsip keterkaitan antara potensi alam (tanah sebagai basis usaha dan penghasil pakan, faktor agroklimat) dengan faktor agroekonomis, dengan memanfaatkan proses perkembangbiakan dan pertumbuhan ternak potong, sebagai sarana dalam interaksi faktor tersebut, untuk mendapatkan produk utama, yakni daging yang semaksimal mungkin menguntungkan.

DASAR TEKNOLOGI HASIL TERNAK : PTH 101P / (2-1) 3 SKS

Membahas prinsip-prinsip ilmu dan teknologi daging, susu dan telur, kulit dan sisa, sifat kimia dan fisik serta dasar-dasar kualitas daging, susu, telur, kulit, hasil sisa, dan memperkenalkan produk-produk hasil ternak, serta membahas prinsip-prinsip pengawetan dan pengolahan.

 

DASAR TERNAK UNGGAS : PTP 304P / (2-1) 3 SKS

Membahas aspek-aspek dasar tentang ternak unggas yang meliputi: taksonomi, jenis-jenis ternak unggas serta klasifikasi, anatomi dan fisiologi, perilaku dasar-dasar perkawinan serta embriologi penetasan dan inseminasi buatan.

 

GENETIKA DASAR : PTP 107 / (1-1) 2 SKS

Pengertian dasar mengenai fenomena penurunan sifat. Mempelajari berbagai sifat gen, kromosom dan prinsip-prinsip pewarisan sifat dari segi kualitatif dan kuatitatif. Secara umum diperkenalkan pengertian genetika populasi dan rekayasa genetika.

 

NUTRISI TERNAK DASAR : PTN 202 / (2-0) 2 SKS

Mempelajari komposisi bahan pakan dan tubuh ternak berdasarkan fraksi (komponen) proksimat, fraksi kimia dan fraksi serat (Van Soest). Mempelajari masalah/fungsi proses pencernaan dan penyerapan nutrien. Evaluasi kandungan/nilai energi dan nilai protein.

 

PENGANTAR ILMU PETERNAKAN : PTE 102P / (2-0) 2 SKS

Bahasan mengenai sejarah dan domestikasi hewan, terminologi ternak dan peternakan (rakyat dan perusahaan), pengantar tentang komoditi ternak (potong, perah dan unggas), pakan dan lingkungan ternak serta kebijakan pembangunan peternakan.

 

 

3.2. MATA KULIAH KEAHLIAN CIRI KHUSUS (MKKCK)

 

ILMU LINGKUNGAN TERNAK : PTP 114 / (2-0) 2 SKS

Membicarakan dan membahas pengaruh semua unsur lingkungan eksternal, seperti: lingkungan fisik, lingkungan kimiawi, lingkungan hayati dan lingkungan sosial terhadap penampilan ternak dan hewan piaraan; mencakup penampilan sistem fungsi baik satu sistem maupun lebih dari satu sistem serta interaksinya; penampilan kesehatan, serta penampilan produktivitas ternak dan hewan piara, termasuk penampilan reproduksinya. Juga dibicarakan dan dibahas berbagai macam dan bentuk adaptasi; termasuk hewan piara beradaptasi dari berbagai spesies ternak.

 

ILMU PEMULIAAN TERNAK : PTP 410 / (1-1) 2 SKS

Mempelajari beberapa macam metode seleksi, penyusunan pola seleksi, dasar aplikasi serta hambatan-hambatannya dalam praktek

 

ILMU PRODUKSI TERNAK PERAH : PTP 412P / (2-1) 3 SKS

Membahas faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas ternak perah (genetik dan non genetik), perencanaan dan pengembangan usaha ternak perah.

 

ILMU PRODUKSI TERNAK POTONG : PTP 413P / (2-1) 3 SKS

Pokok bahasan mengenai teori dan praktek mekanisme produksi ternak potong ruminansia (kerbau, sapi, domba, kambing) dan non ruminansia (babi) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selain itu juga dibahas cara menganalisis parameter produksi pada suatu usaha peternakan ternak potong serta gambaran umum prospek ternak potong di Indonesia.

 

ILMU PRODUKSI TERNAK UNGGAS : PTP 411P / (2-1) 3 SKS

Membahas tentang aspek-aspek pengaturan hormonal dan lingkungan, pakan ternak unggas, konstruksi kandang dan peralatan kandang, penyakit ternak unggas, pemrosesan produk untuk dipasarkan (daging dan telur)

 

ILMU REPRODUKSI TERNAK : PTP 409P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari fertilisasi, cleavage, implantasi, kebuntingan, perkembangan fetus, deteksi kebuntingan, proses kelahiran, faktor-faktor yang mempengaruhi proses reproduksi, usaha untuk meningkatkan efisiensi reproduksi dari ternak.

 

MANAJEMEN BABI : PTP 519P / (1-1) 2 SKS

Membahas tentang teknik memilih babi untuk dijadikan bibit atau bakalan yang digemukkan dan dipotong, manajemen: perkawinan, pakan dan pemeliharaan serta manajemen produksi dan pasca produksi ternak babi.

 

MANAJEMEN KAMBING DAN DOMBA : PTP 518P / (1-1) 2 SKS

Membahas tentang teknik memilih kambing dan domba untuk dijadikan bibit atau bakalan yang digemukkan dan dipotong, manajemen: perkawinan, pakan dan pemeliharaan serta manajemen produksi dan pasca produksi ternak kambing dan domba. Dibahas pula tentang produksi dan manajemen domba wool.

 

MANAJEMEN SAPI PERAH : PTP 516P / (2-1) 3 SKS

Membahas perkembangan peternakan sapi perah di luar dan di dalam negeri serta pengembangannya, manajemen sapi perah (pedet, dara, bunting/dewasa, laktasi dan pejantan), manajemen pakan, perkandangan dan kesehatan, pemerahan, penanganan limbah, identifikasi dan recording sapi perah serta pengaturan kontinyuitas produksi.

 

MANAJEMEN SAPI POTONG DAN KERBAU : PTP 517P / (1-1) 2 SKS

Membahas tentang teknik memilih sapi dan kerbau untuk dijadikan bibit atau bakalan yang digemukkan dan dipotong, manajemen: perkawinan, pakan dan pemeliharaan serta manajemen produksi dan pasca produksi ternak sapi dan kerbau.

 

MANAJEMEN PEMULIAAN TERNAK : PTP 420 / (1-1) 2 SKS

Menjelaskan tentang parameter-parameter pemuliaan, kegunaan dan pemanfaatannya dalam aplikasi program pemuliabiakan. Karakteristik pemuliabiakan masing-masing jenis ternak dijelaskan sebagai dasar pemilihan strategi pemuliabiakan yang berdaya guna. Aplikasi pemuliabiakan diuraikan untuk masing-masing jenis ternak sehubungan dengan tujuan dan sistem manajemen budidaya ternak yang bersangkutan.

 

MANAJEMEN TERNAK UNGGAS : PTP 515P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari dan membahas sistem industri perunggasan, perencanaan peternakan, manajemen peternakan unggas bibit, manajemen penetasan, manajemen unggas pedaging dan manajemen unggas petelur.

 

METODOLOGI PENELITIAN PRODUKSI TERNAK : PTP 320P / (2-1) 3 SKS

Mengantarkan mahasiswa agar mampu menyusun suatu usulan penelitian dengan memahami tahapan proses penelitian, dan pembahasannya meliputi: identifikasi, studi kepustakaan, perumusan hipotesis, membuat rancangan penelitian (design dasar, meliputi: Acak Sempurna, Blok Acak, RSBL untuk ekspresi faktor tunggal serta design perlakuan, meliputi: Faktorial, Split-plot, Nested dan Analisis Covarians), pemilihan instrumen, pengukuran, pengumpulan, pengaturan dan analisi data, serta penyusunan pelaporan hasil penelitian.

 

4. MATA KULIAH KEBUTUHAN LINGKUNGAN (MKKL)

4.1. MATA KULIAH KEBUTUHAN LINGKUNGAN WAJIB (MKKLW)

 

ABATOIR DAN TEKNIK PEMOTONGAN : PTP 124P / (2-1) 3 SKS

Membahas abatoir dan manajemen abatoir (syarat sanitasi abatoir dan operasional peralatan abatoir), mekanisme antemortem, teknik pemotongan (ternak besar, kecil dan unggas), mekanisme postmortem, pemeriksaan kesehatan, hasil pemotongan, evaluasi hasil pemotongan (penilaian kualitas karkas dan daging).

 

AGRIBISNIS : PTE 217 / (2-0) 2 SKS

Pengertian dan definisi agribisnis sebagai suatu sistem usaha ternak, aspek pra produksi, aspek proses produksi, aspek pasca panen dan pengolahan produk hasil ternak, aspek pemasaran, analisis finansial agribisnis, dan kebijaksanaan pengembangan agribisnis.

 

BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM : PTN 305P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari mengenai batasan/pengertian bahan pakan ransum, klasifikasi bahan pakan dan penggunaannya, prinsip-prinsip cara pengujian kualitas bahan pakan, anti kualitas, dandasar-dasar penyusunan ransum. Mengerjakan analisis kimiawi (proksimat).

 

BIOKIMIA : PTF 208P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari tentang tinjauan biokimiawi jaringan tubuh, biokimiawi hormon steroid maupun polipeptida. Dibahas pula hubungan antar organ dalam proses metabolisme, dibahas antibiotika dan peranannya dalam metabolisme.

 

ILMU TILIK TERNAK : PTP 122P / (1-1) 2 SKS

Membicarakan tentang pengertian tilik ternak, pengenalan karakteristik ternak, identifikasi ternak (pendugaan umur, bobot badan, penilaian dan kontes ternak), pengetahuan memilih ternak berdasarkan penampilan, penggunaan kartu skor dan menginterprestasikannya.

 

MANAJEMEN KESEHATAN TERNAK : PTP 522P / (2-1) 3 SKS

Membahas tentang deskripsi istilah dan terminologi bidang kesehatan ternak, pengetahuan tentang penyakit dan agen-agen penyakitnya, tindakan preventif terhadap penyakit ternak serta pendekatan pada program-program kesehatan ternak.

 

MANAJEMEN LINGKUNGAN PETERNAKAN : PTP 525P / (1-1) 2 SKS

Mempelajari sifat fisik, kimia dan biologis dari berbagai jenis limbah peternakan (padat, cair dan gas). Mengembangkan teknologi pengolahan dan pendayagunaan limbah peternakan sebagai energi, pupuk kompos, pakan ternak dan media tumbuh. Terpadu dengan program peningkatan kesehatan lingkungan hidup disertai analisis mengenai dampak lingkungan.

 

PENYULUHAN : PTE 115P / (2-1) 3 SKS

Membahas tentang pengertian, fungsi, tugas, peranan dan falsafah penyuluhan sebagai proses penyebaran informasi/inovasi, hubungan antara penyuluhan dengan pembangunan peternakan, pendidikan dan komunikasi, sasaran dan peranan penyuluhan, rancangan program dan evaluasi penyuluhan.

 

PRODUKSI HIJAUAN PAKAN : PTN 303P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari budidaya tanaman pakan dan pastura untuk kepentingan pengembangan ternak, pendekatan ekologi produksi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, produksi dan nilai nutrisi hijauan pakan serta pengelolaannya. Secara umum dibahas tentang sistematika, morphologi, dan adaptasi serta penyebaran rumput dan legum. Secara khusus dibahas jenis-jenis utama yang dianjurkan dan mempunyai harapan untuk dikembangkan di Indonesia. Diberikan juga dasar-dasar manajemen pastura alami dan dasar-dasar membangun dan manajemen pastura buatan, serta penggunaan dan pemeliharaan untuk kelestarian suplai hijauan pakan.

 

STUDI KELAYAKAN DAN EVALUASI PROYEK : PTE 422P / (2-1) 3 SKS

Pengertian dan definisi evaluasi proyek, perencanaan proyek, aspek-aspek analisis proyek, identifikasi biaya dan manfaat, nilai waktu dari uang, analisis investasi, analisis biaya dan manfaat (benefit cost ratio, net present value, profitability ratio, internal rate of return). Pembahasan dititikberatkan pada usaha peternakan.

 

TINGKAH LAKU TERNAK : PTP 326 / (2-0) 2 SKS

Sistematika tingkah laku ternak, faktor dasar yang mempengaruhi tingkah laku ternak, tingkah laku grazing, prinsip-prinsip kenyamanan, penganganan ternak dalam penelitian, transportasi, pemeliharaan anak dan pembiakannya. Dibahas untuk masing-masing jenis ternak.

 

 

4.2. MATA KULIAH KEBUTUHAN LINGKUNGAN PILIHAN (MKKLP)

 

BUDIDAYA TERNAK HARAPAN : PTP 230 / (2-0) 2 SKS

Membahas dan memberikan pandangan tentang satwa yang layak dibudidayakan menjadi komoditi ternak di masa datang dilihat dari lingkungan tropis alam Indonesia, reproduksi, pertumbuhan dan pakan yang mendukung perkembangan ternak harapan.

 

BUDIDAYA LEBAH : PTP 233 / (2-0) 2 SKS

Pengantar, klasifikasi lebah madu, morfologi, anatomi lebah madu, biologi lebah madu, hasil ternak lebah madu, tanaman pakan lebah madu, sarana dan prasarana ternak lebah madu, teknik pemanenan, hama dan penyakit lebah madu, manajemen ternak lebah madu.

 

BUDIDAYA HEWAN LABORATORIUM (KELINCI, MARMUT & MENCIT) :

PTP 234 / (2-0) 2 SKS

Membas tentang bangsa-bangsa hewan laboratorium, anatomi, sifat biologi, pertumbuhan, reproduksi, pakan dan tata laksana pemeliharaan.

 

KESEHATAN MASYARAKAT VETERINER : PTP 236 / (2-0) 2 SKS

Membahas masalah penyakit-penyakit ternak/zoonosis, dan produk-produk hasil ternak yang dapat mempengaruhi lingkungan dan kesehatan masyarakat serta faktor-faktor exposure yang dikaji secara epidemiologis.

 

KESUBURAN DAN KEMAJIRAN : PTP 554 / (2-0) 2 SKS

Membahas tentang kegagalan perkembangbiakan tenak jantan dan betina serta penanggulangannya dipandang dari aspek genetik dan non genetik yang meliputi antara lain hormonal, penyakit, lingkungan dan manajemen.

 

KOPERASI DAN KEWIRAUSAHAAN : PTE 234 / (2-0) 2 SKS

Pengertian dan definisi, dasar-dasar koperasi, manajer dan pengurus koperasi, modal usaha koperasi, perkembangan dan pengaturan koperasi di Indonesia, koperasi peternakan, masalah-masalah perkoperasian, BUUD dan KUD, pengenalan usaha-usaha baru di bidang peternakan, pengelolaan usaha bidang peternakan, permodalan, kredit dan pengambilan resiko, motivasi, peluang dan tantangan usaha, menumbuhkan jiwa kewirausahaan

 

MANAJEMEN ANEKA TERNAK UNGGAS : PTP 529 / (2-1) 3 SKS

Membahas tentang aspek-aspek manajemen ternak puyuh, merpati, kalkun dan walet.

 

MANAJEMEN KAMBING PERAH : PTP 535P / (1-1) 2 SKS

Membahas perkembangan peternakan kambing perah di dalam dan luar negeri; manajemen pemeliharaan cempe, dara, dewasa (laktasi, kering kandang) dan pejantan; pakan; pemerahan; perkandangan dan kesehatan; penanganan limbah; identifikasi dan recording kambing perah serta pengaturan produksi.

 

MANAJEMEN PEMASARAN : PTE 338 / (2-0) 2 SKS

Pengertian dan tugas manajemen pemasaran, pengambilan keputusan dalam pemasaran, strategi pemasaran, segmentasi pasar, masalah perilaku konsumen, analisis dan peramalan permintaan barang, strategi penentuan harga, dan manajemen penjualan.

 

MANAJEMEN RANCH : PTP 431 / (2-0) 2 SKS

Membahas tentang analisa dan evaluasi lokasi untuk ranch, faktor-faktor penting ranch (daya dukung, jenis vegetasi, ratio legum-rumput), macam ranch dan pola penggembalaan, profil dan penataan lokasi ranch, serta pengawasan dan evaluasi ranch.

 

PENGAWASAN MUTU HASIL TERNAK : PTH 114P / (2-1) 3 SKS

Pengenalan sifat-sifat produk serta segala aspek berkaitan dengan mutu untuk memberikan bekal kemampuan mengenali, melaksanakan uji, menyumbangkan dan membina mutu produk pangan. Memberikan konsep-konsep dan teori yang melandasi pengembangan dan pengawasan mutu dan pembakuan (standardisasi), pengenalan faktor-faktor mutu, aspek-aspek (mutu, fisika, mikrobiologi, organoleptik), pembinaan dan institusi mutu, pengendalian dan pengawasan mutu dalam industri dan perdagangan, sampling dan statistika dalam pengawasan mutu.

 

PENGEMBANGAN KERBAU PERAH : PTP 532 / (2-0) 2 SKS

Membahas usaha intensifikasi kerbau perah, tampilan produksi dan reproduksi, manajemen pakan, perkandangan dan kesehatan, pemerahan dan pemeliharaan.

 

NUTRISI TERNAK NON RUMINAN : PTN 307P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari anatomi dan fungsi masing-masingbagian organ pencernaan ternak babi dan kuda, serta mempelajari metabolisme zat gizi dan persyaratan/kebutuhan akan semua nutrien termasuk aditif pakan bagi ternak babi dan kuda sesuai dengan status/tujuan pemeliharaan dan tingkat produksinya.

 

NUTRISI TERNAK RUMINANSIA : PTN 306P / (2-1) 3 SKS

Membicarakan taksonomi dan pilogenik ternak ruminansia, komperatif, traktus digestivus dan kebutuhan zat-zat pakan secara umum ternak ruminansia. Juga membicarakan pencernaan dan metabolisme zat-zat pakan, faktor-faktor yang mempengaruhi nilai pakan, penentuan kualitas berbagai macam bahan pakan.

 

NUTRISI TERNAK UNGGAS : PTN 308P / (2-1) 3 SKS

Mempelajari anatomi dan fungsi masing-masing organ pencernaan dari berbagai macam ternak unggas, serta mempelajari metabolisme zat gizi dan persyaratan/kebutuhan akan semua macam nutrien termasuk aditif pakan bagi berbagai macam dan tipe ternak unggas sesuai dengan status/tujuan pemeliharaan dan tingkat produksinya.

 

TEKNOLOGI BIOREPRODUKSI : PTP 533P / (1-1) 2 SKS

Membahas perkembangan dan prospek kedepan teknologi mutakhir dibidang reproduksi serta mempelajari hasi-hasill penelitian yang sudah dikerjakan, juga menelaah pemikiran dan gagasan penelitian dibidang reproduksi.

5. MATA KULIAH TUGAS AKHIR (MKTA)

 

KULIAH KERJA NYATA (KKN) : UNG 499 / (0-3) 3 SKS

Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang:

  1. Cara berfikir dan bekerja interdisipliner atau lintas sektoral
  2. Kegunaan hasil pendidikan bagi pembangunan pada umumnya dan daerah pedesaan pada khususnya.
  3. Mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat desa dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan.
  4. Ketrampilan untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa.

 

PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) : PTP 538 / (0-2) 2 SKS

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa guna memperoleh pengalaman praktek dalam berbagai aspek di bidang peternakan dengan cara melakukan kegiatan magang, observasi, pengumpulan informasi, pengamatan berbagai proses atau prosedur yang berlangsung di lapangan melalui kegiatan kerja lapangan. PKL juga merupakan sarana latihan dalam penulisan karya ilmiah.

 

SEMINAR : PTP 537 / (0-2) 2 SKS

Mempelajari dan membahas cara-cara penulisan dan persentasi ilmiah dalam suatu pertemuan ilmiah, cara berdiskusi, serta cara analisis dan pembahasan di muka forum pertemuan ilmiah.

 

SKRIPSI : PTP 539 / (0-6) 6 SKS

Penyususnan skripsi bertujuan membuat rencana, melakukan persiapan, melaksanakan penelitian dan penyelesaian penelitian baik di lapangan, di kandang atau di laboratorium, menganalisis, membahas, membuat kesimpulan dan saran serta menuangkan hasil penelitian/percobaan dalam suatu karya ilmiah yang diikuti dengan ujian skripsi dihadapan tim penguji.