Rivets   
Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak
 
 
 

 
Lab. Biokimia Nutrisi| Lab. Teknologi Makanan Ternak| Lab. Ilmu Tanaman Makanan Ternak| Lab. Ilmu Makanan Ternak|

Laboratorium BIOMETRIKA PETERNAKAN

 

 

Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan Lab Biometrika Peternakan    
Laboratorium Biometrika Peternakan Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro berdiri tahun 1981 dengan Nama Kelompok Dosen Biometrika Peternakan merupakan kelompok dosen sebagai pengajar matakuliah Statistika, Metodologi Penelitian serta Rancangan Percobaan. Selain perkuliahan dilakukan juga kegiatan praktium statisika dan rancangan percobaan. Sejak tahun 1990 diberikan satu unit komputer dan dibuka kesempatan konsultasi rancangan percobaan penelitian mahasiswa S-1 untuk skripsi. Pada tahun 2001 Kelompok Dosen Biometrika Peternakan ini berubah namanya menjadi Laboratorium Biometrika Peternakan dengan SK Dekan No. 001/SK/J07.1.25/2001 tanggal 2 Januari 2001. Laboratorium Biometrika Peternakan Fakultas Peternakan UNDIP terletak di Kampus Drh Soejono Koesoemowardojo (Fakultas Peternakan) UNDIP, tepatnya di Gedung D lantai 2 Tembalang Kota Semarang. Keberadaan Laboratorium Biometrika Peternakan Fakultas Peternakan UNDIP memiliki nilai yang sangat strategis di Kota Semarang dan sekitarnya, hal ini disebabkan :
1. Di Kota Semarang terdapat banyak data pertanian dan     peternakan baik dari pemerintah, swasta maupun sektor lain     yang membutuhkan pengolahan data sehingga banyak dapat     yang memanfaatkan jasa laboratorium ini.
2. Di Kota Semarang juga terdapat 2 Perguruan Tinggi yang     mempunyai Fakultas Peternakan serta Perguruan Tinggi     lainnya dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak,     sehingga setiap kegiatan akhir program banyak yang     membutuhkan dan dapat memanfaatkan jasa Analisis Data     untuk penelitiannya.
3. Di Kota Semarang sebagai Ibu kota Propinsi Jawa Tengah     terdapat Dinas Peternakan dan Sub Dinas Peternakan, yang     juga sering mengolah data sehingga membutuhkan jasa Analisis     Data.

Laboratorium Biometrika Peternakan didukung oleh 5 staf :
   1.  I. Ktut Gorde Yase Mas, Ir., MS
   2.  Maulana  Hamonangan  Nasoetion, SPt., MP. 
   3.  Rudi Hartanto, SPt., MSi.
   4.  Rina Muryani, SPt., MSi.
   5.  Wahyu Dyah Prastiwi, SPt., MM.

Kegiatan-Kegiatan Laboratorium
Kegiatan di Laboratorium Biometrika Peternakan adalah kegiatan-kegiatan yang merupakan wujud TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
1. PENDIDIKAN
2. PENELITIAN
3. PENGABDIAN

POTENSI LABORATORIUM
Kegiatan Laboratorium
Laboratorium Biometrika Peternakan Fakultas Peternakan UNDIP melaksanakan kegiatan :
1. Konsultasi Dan Pengolahan Data Statistika (Konsultasi     Statistika dan Komputasi Statistika dengan paket program     statistika untuk pengolahan data)
2. Pelatihan Penggunaan Paket Program Statistika